Jalan Lingkungan Pakai Teknologi Nextbase


Pemkab Bulungan kini sedang membangun jalan lingkungan total sepanjang 50 kilometer (km) di 7desa dengan teknologi nextbase road (jalan berbasis pondasi) yang "serupa aspal". Nextbase

Road merupakan pembuatan jalan yang tidak menggunakan batu, memakai tanah di lokasi serta alat berat dan bahan kimia sebagai pencampur tanah. Teknologi itu selain hemat biaya juga menjamin jalan bebas debu, tidak beracun serta aman bagi lingkungan. Sebanyak 7 desa yang bakal dibangun nextbase road yaitu Desa Sekatak, Pimping, Karang Agung, Klubir, Panca Agung (Tanjung Palas Utara) dan Tanjung Agung (Tanjung Palas Timur). Bupati Bulungan Drs H Budiman Arifin bersama pejabat terkait meninjau langsung proses pembangunan jalan nextbase di Tanjung Agung pada Selasa (24/02). Bupati dalam arahannya meminta pihak kontraktor menanam pohon di pinggir jalan serta mempercepat realisasi jalan.

"Bulan Mei nanti saya akan kembali ke seni (Tanjung Agung, Red), saya harap sudah selesai," tegas Bupati. Pihak kontraktor pun menyatakan kesanggupannya. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bulungan H Zaenal Abidin ST Msi menambahkan, jalan nextbase yang bakal dibangun di 7 desa panjangnya berbeda-beda. Seperti di Tanjung Agung, jalan nextbase yang dibangun bakal sepanjang 7 kilometer dengan lebar 5 meter dengan anggaran sebesar Rp5,3 miliar.

Mulai 2009 ini Pemkab Bulungan membangun jalan lingkungan di 7 desa sepanjang kurang lebih 50 kilometer (KM). Dengan konstruksi model baru yaitu dengan next base, proyek jalan ini ditargetkan akan selesai 2010 mendatang. Kepala Dinas pekerjaan Umum (DPU) Bulungan H Zaenal Abidin ST MSi mengatakan, tujuh lokasi yang akan dibangun jalan lingkungan ini antara lain di Sekatak, Pimping, Karang Agung, Klubir, Panca Agung (Tanjung Palas Utara) dan Tanjung Agung (Kecamatan Tanjung Palas Timur).

“Proyek ini menggunakan sistem multiyears (tahun jamak). Targetnya, mudah-mudahan bisa selesai 2010 nanti,” ujarnya. Ia juga menambahkan, selain biaya 3 kali lebih murah dibandingkan dengan konstruksi hotmix, jalan nextbase memiliki keterbatasan dengan kekuatan jalan, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan yang tonasenya berat. Maka itu jalan nextbase dialokasikan untuk jalan-jalan lingkungan di desa. (fentje).