- Tidak Memakai Lapisan Penetrasi.
- Tidak Mampu Menahan Infiltrasi Aliran Air di Permukaan Jalan
- Membutuhkan Sistem Drainase yang Baik
- Membutuhkan Deposit Material Sirtu Alam yang sangat Besar (720 - 1200 M3 per KM)
- embutuhkan Mobilisasi Alat Berat dalam Pemeliharaan Rutin - Pelapisan – Pengerasan
- Membutuhkan Mobilisasi Alat Berat dalam Pemeliharaan Rutin Drainase
- Dapat Dipakai untuk Beberapa Jenis Tekstur Tanah Dasar
- Permukaan Perkerasan Tidak Rata, agak Licin pada waktu Hujan dan Berdebu pada musim Kemarau
- Daya Dukung Belum Terukur
- Umur Teknis/Ekonomi Belum Terukur
- Setiap 3 Tahun ada Over-Lay (Pelapisan Ulang) dengan Ketebalan setengah dari Ketebalan awalnya
- Agar Menjaga Jalan Tetap Baik, maka di beberapa Perkebunan, Penimbunan/Pelapisan Tasirtu dilakukan hampir setiap hari dengan biaya yang tidak kecil
- Setiap Tahun ada proses Grading (Pemerataan) untuk jalan-jalan yang tidak rata.
Jalan Nextbase Road System :
- Memakai Lapisan Penetrasi NB-88
- Mampu Menahan Infiltrasi Aliran Air di Permukaan Jalan
- Membutuhkan Sistem Drainase yang Baik
- Hanya Memanfaatkan Tanah Dasar yang ada ditambah Batu Split ukuran 4 - 9 mm (+/- 50 M3 per KM)
- Hanya Memakai Tenaga Manusia dalam Pemeliharaan Rutin - Pelapisan – Pengerasan
- Membutuhkan Mobilisasi Alat Berat dalam Pemeliharaan Rutin Drainase
- Direkomendasikan dipakai untuk kondisi Tekstur Tanah dengan kandungan Pasir <>
- Permukaan Perkerasan Mulus, tidak Licin pada waktu Hujan dan Tidak Berdebu pada Musim Kemarau
- Daya Dukung sampai dengan puluhan Ton (25- 35 Ton)*
- Umur Teknis/Ekonomis 5 Tahun
- Tidak ada Over-Lay, dan hanya menanggung Maintenance Cost Per Tahun sebesar Rp. 4000 - 4500/M2
- Tidak ada Penimbunan
- Tidak ada proses Grading (Pemerataan).
Ket : *) Daya dukung ini tergantung dari beban tiap sumbu garden truck dan tergantung juga dari jenis tanah asalnya. ( Minimum CBR = 5 s/d 7% ).
KESIMPULAN :
- Dari aspek teknis sistem perkerasan NRS mempunyai spesifikasi yang sudah sangat terukur baik menyangkut kemampuan daya dukung maupun umur teknis / ekonomisnya.
- Dari aspek ekonomisnya biaya konstruksi perkerasan jalan NRS (Nextbase Road System) akan lebih murah daripada memakai Sirtu Alam disebabkan:
a. Harga unit cost NRS relatif lebih murah bila dibandingkan dengan memakai Sirtu Alam.
b. Harga unit cost NRS sudah termasuk Biaya Perawatan dalam 1 tahun.
c. Biaya Pemeliharaan Lapisan Perkerasan NRS Lebih Murah dan Mudah, tanpa harus memobilisasi alat-alat berat. - Untuk jangka panjang, khususnya Biaya Pemeliharaan Jalan, maka NRS akan lebih murah , karena tidak ada Penimbunan dan Pengerasan Setiap hari dan tidak perlu dilakukan Over-Lay ( Pelapisan Ulang ) setiap 3 Tahun, Proses dalam point (3) ini membutuhkan biaya yang sangat besar bagi jalan dengan Sirtu Alam.
- NBS sangat cocok dipakai untuk mengatasi kesulitan dalam hal pengdaan material perkerasa (batu) khususnya menyangkut kualitasnya.